Peringati Hardiknas, Iluni Menwa UI Gelar Fun Talkshow “Hara Dipta” Bertabur Tokoh Inspiratif

Posted by : wartajab Mei 12, 2024

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia (ILUNI MENWA UI) menggelar panggung inspirasi bertajuk “Hara Dipta,” yang dilaksanakan pada Sabtu 4 Mei 2024. Kegiatan ini digelar di Balai Sidang Universitas Indonesia, Kampus Depok.

Mengusung tema, “Money or Passion? The Smartest, The Richest or The Hottest”, gelaran ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai kalangan, seperti pelajar, orang tua, dan komunitas budaya. Sejumlah tokoh-tokoh inspiratif dari berbagai profesi juga menyemarakkan acara ini, seperti Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo yang merupakan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara X (Raja Mangkunegaran).

Tokoh inspiratif lainnya yang turut memeriahkan panggung inspirasi ini, yaitu Gunawan Wicaksono (Chief Photo Editor at TEMPO News Magazine), Fauzi Ahmad seorang Personal Development Coach and Trainer Pageant Competition, serta Firdaus Fadlil seorang fotografer Indonesia yang telah mendunia.

Selain itu, acara ini juga dihadiri tokoh-tokoh perempuan yang bekerja di berbagai profesi dan keahlian, seperti Dewi Fajar Marhaeni (Ketua Umum Bakul Budaya dan penggerak kegiatan anti-intoleransi dengan cara mencintai tradisi, budaya dan bumi Indonesia), Indri Mohana (model profesional, pembaca tarot dan artis multitalenta), Lisda Cancer (Kepala Bagian Pembinaan Fungsi Pusdokkes Polri), Eni Gustina (Deputi Bidang KB dan Kesehatan Reproduksi BKKBN), Riza Sarasvita (Deputi Rehabilitasi BNN), serta Corina D. Riantoputra (Guru Besar bidang Psikologi Kepemimpinan dan Staf ahli PT KAI).

Baca Juga:

KGPAA Mangkunegara X: Tidak Menyesal Meninggalkan Dunia Lawyer untuk Menjadi Raja  

Mencintai dan Melestarikan Kebudayaan Wujud Apresiasi Jerih Payah dan Pemikiran Leluhur

Indri Mohana Senang Bisa Bantu Orang Lain Melalui Tarot

Ketua Iluni Menwa UI Mona Liza mengatakan, Iluni Menwa UI sangat prihatin dengan kondisi remaja pencari kerja yang 70 persen dari mereka, tidak bekerja sesuai dengan minat bahkan latar belakang pendidikan, sehingga acara ini menjadi sangat penting.

“Saya ingin menumbuhkan motivasi mereka bila menghadapi kondisi seperti ini, supaya mereka dapat menghargai diri mereka sendiri, sehingga bisa tetap menghasilkan karya atau pekerjaan yang bernilai tinggi untuk orang banyak,” ujarnya.

Acara yang dikemas dengan menggabungkan bincang-bincang dan pentas seni serta budaya ini juga mendapat perhatian penuh dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo. Menparakef mengatakan, visi menuju Indonesia Emas 2045 merupakan masa depan yang penuh harapan.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu bersaing, salah satunya lewat kegiatan pengembangan diri seperti fun talkshow ini. Selaras dengan Sandiaga Uno, Menpora Dito Ariotedjo juga berharap kegiatan ini masif dilakukan sebagai bentuk persiapan diri di era mendatang, sehingga dapat membentuk individu yang mampu bersaing menghadapi tantangan global.

Salah satu peserta fun talkshow, yakni Kepala Sekolah SMP 216 Salemba, Imam menuturkan, acara ini sangat esensial dan mendekati kebutuhan informasi kekinian. Mereka berharap acara ini ke depannya dapat menyajikan sesi interaktif yang lebih baik.

“Alhamdulillah acaranya bagus banget, kontennya esensial, dan memuat informasi kekinian yang dibutuhkan anak-anak zaman sekarang. Kegiatannya juga berlangsung dengan baik,” ujar Imam. 

Sementara itu, beberapa murid SMP 216 Salemba menuturkan, acara fun talkshow yang digelar Iluni Menwa UI sangat berkesan dan membuat mereka termotivasi. “Acaranya keren banget, narsumnya orang-orang hebat,” ujar mereka.

Acara ini semakin meriah dengan penampilan nyentrik Bakul Budaya yang menampilkan tari “Kaluhuran Nuswantara”. Panggung inspirasi ini juga dihebohkan dengan Rap Performance dari Syahla (Siswi SMAIA Al Azhar), penampilan dongeng bertajuk “Keumalahayati” yang dibawakan oleh Adhiya Nabila (Siswi Flexi School), serta flashmob dari Forum GenRe Depok.

Selain dimeriahkan penampilan-penampilan yang menarik, acara ini juga dimeriahkan oleh peserta lomba pembacaan puisi karya Yelinda, penulis muda yang merupakan alumni FIB UI, dan diakhiri pengumuman pemenang lomba fotografi, lomba kostum, serta Tiktok Dance Challenges.(bud)

RELATED POSTS
FOLLOW US