Jalan Raya Bogor Sering Kebanjiran, Paralon Air Hanya Tempelan

Posted by : wartajab April 12, 2024 Tags : Air Tergenang , Bantaran kali , bogor

BOGOR – Hujan deras di kawasan Cibinong Kabupaten Bogor sepanjang Jumat (12/4/2024) sore menghasilkan genangan air di jalur pedestrian di KM 47 Jalan Raya Bogor.  

Karlos (46) seorang warga Cibinong mengatakan, jalur pedestrian yang berada di sisi timur Cibinong City Mall itu memang selalu tergenang saat hujan. Hal ini terjadi lantaran tidak ada ruang untuk mengalirkan air genangan air menuju bantaran kali yang berada di bawahnya.

Padahal di bawah jalur pedestrian tersebut, menempel puluhan paralon.

Wartajabar.net menduga paralon itu berfungsi sebagai saluran pembuangan air dari jalan ke dalam kali. Namun Karlos membantahnya.

“Paralon di bawah jalur pejalan kaki ini hanya formalitas dan ditempel saja begitu. Paralon pipa ini tidak berfungsi,” katanya.

Tidak sekadar memberi penjelasan secara verbal, Karlos menarik salah satu paralon. Pipa itu kosong dan tidak berisi air walaupun hujan deras.

“Entah ke mana air hujan ini mengalir. Lubang di sini pun tidak ada gunanya,” ujar pengusaha di kawasan Cibinong itu.

Kondisi ini menyebabkan banjir di jalur perniagaannya. Selama hujan, tidak ada konsumen yang ingin mampir ke lapaknya karena jalur di depan tokonya sering kebanjiran.

 

Pusat Mengambil Alih

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Bupati Bogor Asmawa Tosepu mengungkapkan bahwa Jalan Raya Tegar Beriman, Cibinong mulai diambil alih oleh pemerintah pusat. Kini sudah berstatus jalan nasional.

“Tahun ini masuk prioritas untuk ditangani pemerintah pusat. Kami serahkan menjadi jalan nasional, jadi pemerintah pusat yang akan menangani,” ujar Asmawa Tosepu.

Pemerintah Kabupaten Bogor memastikan perbaikan Jalan Tegar Beriman Ruas Bambu Kuning di kawasan Cibinong, masuk skala prioritas menerima perbaikan tahun 2024.

Asmawa yang juga merupakan Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengungkapkan, kerusakan parah di Jalan Tegar Beriman akan diperbaiki oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Tahun ini akan ada lima ruas jalan nasional di Kabupaten Bogor yang diperbaiki oleh Kementerian PUPR, salah satunya Jalan Raya Tegar Beriman.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin menjelaskan jalan yang membentang sekitar lima kilometer dari Simpang Cibinong City Mall (CCM) hingga Simpang Bambu Kuning itu, sebelumnya berstatus jalan kabupaten.

“Karena digunakan masyarakat Kabupaten dan Kota Bogor juga Kota Depok. Maka kami pertimbangkan Jalan Tegar Beriman menjadi jalan nasional,” kata Burhanudin.

Ia menerangkan, Jalan Tegar Beriman nantinya akan terhubung dengan dua jalan nasional saat ini, yakni Jalan Raya Jakarta-Bogor dan Jalan Raya Parung. Jalan Tegar Beriman sebelumnya berstatus sebagai jalan provinsi. “Nanti kan juga terhubung ke Tol Antasari, kemudian JORR III-Balaraja-Serpong-Ciputat. Di timurnya terhubung dengan Tol Sentul-Karawang Barat,” imbuhnya. (srs)

RELATED POSTS
FOLLOW US