Usai Lebaran, Pemkot Bogor Kembali Lakukan Pembersihan Kawasan Pedestrian

Posted by : wartajab April 17, 2024 Tags : Alun-alun Kota Bogor , bogor , Kaki lima

BOGOR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan pembersihan di pedestrian kawasan Kebon Kembang dan Alun-alun Kota Bogor usai Idul Fitri 1445 H.

Pembersihan pedestrian dilakukan agar tidak ada pedagang kaki lima (PKL) yang kembali berjualan di kawasan tersebut.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Dia memberikan. semangat kepada jajarannya untuk terus melakukan perapihan di kawasan pasar Kebon Kembang, Bogor.

“Sampai detik-detik terakhir, saya terus menyemangati tema Pemkot Bogor mulai dari Satpol PP, DLH, Disperumkim, Dinas PUPR, Perumds PPJ, Dinkopkumkmdagin, camat hingga lurah agar tidak putus asa dan tidak mundur. Kita bertahap merapihkan Pasar Kebon Kembang,” ucap Bima Arya pada Senin (15/4/2024) kepada wartawan.

Bahkan, Bima mengatakan kalau Pemkot telah menyiapkan skenario relokasi untuk PKL yang selama ini berjualan di jalan. Menurutnya, pihak Pemkot telah melakukan pendekatan untuk menggeser PKL dari area yang seharusnya dijadikan sebagai kawasan pedestrian ini

“Pedestrian ini terus kami bersihkan. Walau mungkin nanti balik lagi pedagangnya. Tapi tidak apa-apa ya kita bersihkan lagi dan bersihkan lagi. Pokoknya jangan menyerah dan tertibkan. Saya yakin lama-lama juga (PKL) akan menyesuaikannya,” tambah Bima.

Selama bulan Ramadan, memang pihaknya memberikan ruang bagi pedagang untuk mengais rejeki di tengah masyarakat. Namun seusai Ramadan ini, area pedestrian harus kembali bersih kembali.

“Saya sudah bicara juga sama teman-teman pedagang buah yang sedang diatur secara bertahap, untuk bergeser dan tidak berjualan di tengah jalan lagi karena itu akan menambah kesemrawutan,” paparnya

Berkaitan dengan itu, Bima juga meminta Disperumkim untuk menanam tanaman di area pedestrian. Hal itu dilakukan untuk mencegah kembalinya PKL berjualan di kawasan tersebut.

“Saya minta ke Disperumkim agar melakukan intervensi fisik. Dengan menanam tanaman agar mendukung penghijauan juga mencegah PKL,” ujarnya.

Kepada Pj Walikota, Bima pun menitipkan km penjagaan ketertiban di kawasan Kebon Kembang itu.

“Ya, nanti setelah ditentukan Pj Walikota Definitif, saya akan berbicara untuk mengurai permasalahan yang perlu mendapatkan atensi termasuk di Pasar Kebon Kembang,” pungkas Bima. (srs)

RELATED POSTS
FOLLOW US