SAR Gabungan Temukan Dua Korban Longsor Banjarwangi

Posted by : wartajab April 26, 2024 Tags : Banjarwangi , Garut , longsor

Tim SAR Gabungan bersama TNI Polri berhasil menemukan dua orang dari tiga korban longsor di Banjarwangi Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (26/4/2024) siang. Korban adalah kakak beradik Dini (3) dan Zeni (8). Satu korban lagi Lilis (28) masih dalam proses pencarian.

Wakapolres Garut Kompol Dhoni Erwanto mengatakan, “dua jenazah korban atas nama Zeni (8) dan Dini (3) yang tertimbun longsor telah berhasil ditemukan.”

Dhoni menjelaskan, dua korban tersebut langsung dibawa ke Puskesdes Desa Talagajaya untuk divisum.  Sementara itu, SAR Gabungan masih akan terus melanjutkan pencarian korban Lilis.

Dhoni berharap, selama proses pencarian satu korban lagi masyarakat menjauhi lokasi longsor.

“Kami mengarahkan kepada masyarakat, agar tidak terlalu dekat dengan lokasi longsor untuk menghindari adanya longsor susulan yang dapat membahayakan,” kata Dhoni.

Selain itu, Dhoni mengatakan bahwa pihaknya akan melaksanakan pengamanan/pengaturan kendaraan dinas maupun milik warga yang terlibat atau yang melihat proses evakuasi korban tertimpa longsor.

“Polres Garut terus melakukan koordinasi terhadap instansi terkait, karena operasi pencarian dan evakuasi korban yang tertimbun masih berlangsung. Kondisi 1 orang korban masih dalam pencarian,” ungkap dia.

Longsor di Banjarwangi terjadi pada Kamis, (25/4/2024) menimpa empat rumah. Tiga orang  yaitu Lilis (28), Dini (3) dan Zeni (8)  tertimbun material akibat bencana longsor.

Proses evakuasi korban tertimpa longsor sempat terhenti pada Jumat dini hari sekitar pukul 01.00 lantaran  lokasi longsor masih dianggap rawan pergeseran/pergerakan tanah.

Pada pukul 07.00 Wib alat berat milik PUPR Kabupaten Garut tiba untuk membantu dan mempermudah proses evakuasi korban tertimpa longsor.

Tim SAR gabungan tersebut terdiri dari Wakapolres Garut, Kabag Ops Polres Garut, Kasi Propam Polres Garut, Kanit Patroli Sabhara Polres Garut, anggota Polsek Banjarwangi, Unit SAR dari Sat Brimob, personil BPBD Kab. Garut, tim Tagana Kab. Garut, Camat Banjarwangi, Kasi Trantib beserta anggota, tim Jabar Quick Respon, tim PUPR Kab. Garut, tim Kes Puskesmas Banjarwangi dan tim kampung siaga bencana Desa Talagajaya. (srs)

RELATED POSTS
FOLLOW US