Arus Kendaraan di Puncak Meningkat, Polda Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Posted by : wartajab April 12, 2024 Tags : Arus mudik , bogor , ganjil genap

BOGOR – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat bakal menambah durasi pemberlakuan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way dari kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menuju ke arah Jakarta pada Jumat atau H+2 Lebaran 2024.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat AKBP Edwin Affandi menjelaskan, upaya ini dilakukan lantaran arus kendaraan dari arah Puncak meningkat pada Jumat (12/4/2024). Kendaraan yang melintas di kawasan wisata Puncak Bogor telah mencapai 45.000 kendaraan.

“Perhari itu 45.000 kendaraan yang naik ke atas (kawasan wisata Puncak). Namun, yang melintas ke bawah hanya disekitaran angka 30.000 kendaraan. Berarti ada 15.000 kendaraan yang ada di kawasan wisata Puncak yang menginap ataupun hanya sekadar melintas,” kata Edwin.

Puncak arus wisata di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor bakal terjadi selama tiga hari, yakni Sabtu hingga Senin atau 13-15 April 2024. Menurut Edwin, arus lalu lintas di kawasan wisata Puncak diprediksi meningkat karena H+5 Lebaran merupakan hari terakhir libur bagi mayoritas pegawai.

Masyarakat banyak memilih hari Sabtu hingga Senin untuk melakukan perjalanan rekreasi ke kawasan wisata Puncak. “Sabtu, Minggu, Senin, kemungkinan besar akan dipergunakan oleh para wisatawan karena di hari Selasa sudah mulai ada pegawai yang masuk,” kata Edwin.

Ganjil Genap

Selain rekayasa lalu lintas Polda Jabar juga menerapkan rekayasa lalu lintas dengan sistem ganjil genap di kawasan Simpang Gadog Puncak.

“Untuk mengurangi kapasitas pengunjung yang akan menuju kawasan wisata Puncak, tentunya menjamin rasa nyaman, aman dan lancar,” ujar Edwin. (srs)

RELATED POSTS
FOLLOW US