Buah Lokal Jawa Barat Salah Satu Sumber Pasokan di Pasar Induk

Posted by : wartajab April 10, 2024 Tags : Belimbing , bogor , Buah lokal

BOGOR – Jawa Barat adalah wilayah yang subur dengan produksi buah lokalnya. Apalagi musim hujan menjadi waktu yang tepat untuk menikmati beberapa produk buah lokal. 

Keberadaan buah lokal di tanah Jawa Barat juga menjadi salah satu sumber pasokan di Pasar Induk, Kramat Jati, Jakarta Timur. Dengan pengangkutan kendaraan truk hingga pick-up, para petani dan distributor setiap hari mengirimkan berbagai hasil bumi dari sayur-mayur hingga buah ke sentra pasar buah yang menjadi sumber penting pasar di seantero wilayah Jakarta ini.

Beberapa pasar terkenal di wilayah Jawa Barat, mulai dari Pasar Kemiri Depok, Pasar Citayam, Pasar Cibinong hingga Pasar Ciampea dan Pasar Leuwiliang, selalu terlihat keramaian buah-buahan lokal.

Buah yang biasanya dibeli dengan harga yang cukup merogoh kocek, di beberapa tempat itu lebih murah dijangkau oleh kantong kita. Selain buah lokal, ada beberapa buah dari wilayah lain termasuk pasokan dari Sumatera.

“Buah duku termasuk buah yang cukup banyak beredar. Meski ditanam juga di Cianjur, Tasikmalaya dan Bogor tapi banyak juga yang berasal dari Palembang. Sekarang lagi murah, karena lagi musimnya,” ujar Hadi, pedagang di Pasar Citayam, Kabupaten Bogor, Jawa Barat belum lama ini.

Hadi menyebut, ada juga buah lokal yang biasanya kerap dianggap sebagai buah surga dan harganya yang cukup mahal, adalah manggis. Manggis, banyak ditanam juga di seantero wilayah Jawa Barat termasuk di Leuwiliang,

Di Ciwidey, produksi strawberi yang menjadi buah lokal dan kebanggaan wilayah ini sudah mulai banyak dipasok termasuk di sepanjang jalan raya Puncak by pass. Di seantero wilayah ini, suhu dan kesejukannya yang tetap berimbang dengan cahaya matahari menjadi pendukung produksi buah yang hanya dapat ditanam di ketinggian 1000-1500 meter dari permukaan laut (dpl) ini.

Belimbing juga mulai banyak terlihat salah satunya di Pasar Cisalak di sepanjang Jalan Raya Bogor. Selain di beberapa wilayah lain di Jawa Barat, belimbing bahkan ada di tanah perbatasan menuju Jakarta, termasuk di Parung, Depok hingga sebagian Bogor.

Menurut Oji, seorang warga Depok, mengatakan selain buah belimbing yang menjadi ikon di Depok, sebenarnya di wilayah ini – termasuk di perbatasan antara Depok dan Bogor- buah jambu biji (Syzigium indica) justru lebih marak lagi tumbuh dan berbuah lebat.

“Bibit dan tunas jambu biji kerap tumbuh subur di sembarang te,pat bahkan di lahan pekarangan masyarakat,” tuturnya, Senin (10/4/2024). (srs)

RELATED POSTS
FOLLOW US