Pengembangan Produk Lokal di Garut Mampu Menggerakkan Roda Ekonomi

GARUT – Pengembangan produk lokal akan memberikan dampak positif bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan menggerakkan roda perekonomian Kabupaten Garut. 

Menurut Penjabat (Pj.) Bupati Garut Barnas Adjidin sumber perekonomian dari produk lokal ini adalah melalui pemberlakuan pajak pada setiap produk yang dihasilkan.

“Tentu dengan menggeliatnya usaha, ada pajak ya bisa kita tarik,” kata Barnas.

Salah satu bentuk dukungan masyarakat dalam membantu mendongkrak ekonomi adalah dengan menggunakan produk lokal. Barnas mengapresiasi para pegawai ASN di lingkungannya yang memilih menggunakan atribut produk asli Kabupaten Garut. Menggunakan produk lokal adalah salah satu bentuk dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Garut.

Dukungan terhadap produk lokal tidak hanya memberikan kontribusi langsung terhadap pendapatan daerah, tetapi juga membantu memperkuat identitas dan daya saing produk Garut di pasar domestik maupun internasional.

Dia optimistis bahwa produk lokal asal Kabupaten Garut dapat bersaing dengan produk dari negara lain.

Terbukti, saat Barnas hadir dalam pameran yang digelar Desainer Poppy Dharsono, banyak produk kulit Garut yang menarik.

“Menurut saya produk dari kulit Garut tersebut terlihat sangat bagus dan dapat bersaing dengan produk lainnya”.

“Nah kemudian kita juga akan mengembangkan dan diundang juga ke Italia untuk memprodukkan kulit di Milan, menurut saya ini juga harus kita dukung agar dunia perkulitan di Kabupaten Garut ini menjadi suatu produk unggulan,” ucap Pj. Bupati Garut.

Di sisi lain, Barnas menilai naiknya penghasilan ekonomi dari produk lokal juga berbanding lurus dengan keberhasilan di sektor pariwisata.

Wisatawan asing dan domestik akan meningkat. Para wisatawan tentunya tidak hanya menikmati hasil kerajinan kulit Garut. Pendapatan lainnya akan bersumber dari wisata kuliner, wisata alam, dan fashion.

“Jadi, baik wisata kuliner, wisata alam, atau wisata fashion, wisata lain yang juga tentunya akan mendongkrak perekonomian di Kabupaten Garut,” ucapnya.

Oleh karena itu, Barnas mengingatkan peran Bapenda untuk mengumpulkan pajak yang bersumber dari hasil produksi para pengusaha lokal di Kabupaten Garut ini. (srs)

RELATED POSTS
FOLLOW US