Minat Masyarakat Terhadap Ikan Hias Kembali Marak

Posted by : wartajab April 23, 2024 Tags : Balai Riset Perikanan , Channa , Channatourahmi

DEPOK – Dunia ikan hias kembali marak. Tak hanya jual-beli di sentra atau pun pasar ikan hias, namun juga transaksi ikan hias di dunia digital atau pun media sosial.

Tiga paguyuban ikan hias channa seperti Sawangan Snakehead Community, Komunitas Channa Depok Bersatu dan Indonesia Channa Contest, misalnya, menggelar “Channatourahmi #2” di Balai Riset Perikanan di Depok pada 27-30 Juni 2024.

“Ya kami menggelar silaturahmi di kalangan penggemar ikan channa atau gabus hias di Depok,” ujar Halif Al Ghifari kepada wartajabar.net, Selasa (23/4/2024).

Agenda silaturahmi channa alias gabus hias ini hanyalah salah satu contoh bangkitnya gairah komunitas dunia hobi ikan hias di Indonesia.

Ada beberapa pemicu kebangkitan gairah dan animo terhadap ikan hias di masyarakat.

Ditandai dengan kehadiran ikan glowfish, si pendatang baru yang mungil dan tubuhnya warna-warni bak permen itu. Disusul dengan warna ikan oscar yang semakin beragam.

Lalu kembali maraknya tawaran ikan cupang hias (Betta sp) di kalangan peternak. Varian louhan yang kembali marak dari cencu, kamfa yang indah dengam warna dan bintik di tubuhnya juga “si jenong” super red dragon (SRD).

Ada beberapa penyebab bangkitnya animo terhadap ikan hias ini.

Pertama, munculnya beberapa primadona pendatang baru beberapa jenis ikan hias tadi.

Kedua, curah hujan yang panjang sehingga memicu jumlah perkembangbiakan ikan di kalangan peternak – meski cuaca ekstrim panas dan hujan ini membuat kesehatan ikan menjadi rentan.

Ketiga, pulihnya perekonomian setelah pesta politik membuat masyarakat kembali melongok dunia hobi.
Salah satu sentra ikan hias di Indonesia, Pasar Parung Bogor, misalnya, terlihat ramai sebulan belakangan ini. Para penjual di sana pun semakin  membutuhkan pasokan burayak atau anakan ikan yang cukup banyak untuk diperjual-belikan.
“Saya mesti cukup sering memasok anakan channa dan anakan louhan setiap tiga kali seminggu,” ujar Endy.

Apa pun, bangkitnya minat terhadap dunia ikan hias ini turut membantu perekonomian para peternak dunia ikan hias air tawar. Semangat baru bagi petani atau perternak ikan hias di tengah kondisi perekonomian bangsa ini. (srs)

RELATED POSTS
FOLLOW US